Aplikasi Pengunci Jaringan 4G Android di Smartphone + Manual

Jaringan 4G kini telah hampir merata di sebagian kota besar di Indonesia. Apalagi sekarang makin gencar adanya promo inernet murah dari berbagai penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler yang berlomba-lomba menerapkan tarif murah. Jaringan ini sendiri menyediakan kecepatan hingga 100 MB per detik sampai dengan 1 GB per detik. Akan tetapi, ponsel yang dalam keadaan default akan memilih jenis koneksi terkuat agar dapat terhubung ke internet. Artinya, jika koneksi 3G atau 4G cukup kuat, maka perangkat Android otomatis akan terhubung ke jaringan tersebut. Akan tetapi apabila koneksi 3G/4G lemah, maka otomatis perangkat Android akan terhubung menggunakan koneksi 2G.

Aplikasi Pengunci Jaringan

Apa yang akan terjadi? Jika kita hanya menggunakan paket internet dengan layanan jaringan 4G, sementara jaringan yang kuat adalah 3G atau 2G, maka otomatis jaringan akan beralih menuju 3G/2G. Hal ini akan mengakibatkan penggunaan data di luar paket data yang dimiliki dan memakan banyak pulsa. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi. Untuk menghindarinya, kita dapat memanfaatkan aplikasi pengunci jaringan Android yang dapat diunduh gratis di Play Store. Sebenarnya ada dua cara yang dapat digunakan, yaitu cara manual serta melalui aplikasi khusus. Di bawah ini akan dijelaskan kedua cara tersebut.

Cara Manual Mengunci Jaringan 4G dan Menggunakan Aplikasi Pengunci Jaringan Android

Kita bisa menggunakan salah satu dari dua cara di bawah ini, yakni dengan cara manual melalui smartphone masing-masing ataupun menggunakan aplikasi khusus. Jalankan salah satu saja dari kedua metode di bawah untuk mengunci jaringan Android di perangkat masing-masing.

  1. Secara manual, ketik *#*4636#*#*. Akan muncul tiga menu, yaitu Device Information, WiFi Information serta Usage Statistics. Pilih Device Information dan akan muncul aneka informasi seputar perangkat masing-masing. Di antaranya adalah kekuatan sinyal, nomor IMEI, dan lain-lain.
  2. Cari Set Preferred Network Type lalu pilih LTE Only. Smartphone hanya akan menerima jaringan 4G saja.
  3. Penggunaan aplikasi adalah sebagai jalan pintas untuk kode yang digunakan secara manual di atas. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah 4G LTE Switch.
  4. Download aplikasi ini di Google dengan mengguankana kata kunci “Aplikasi 4G” dan pilih menu Device Information seperti pada cara manual di atas.
  5. Tepat seperti cara manual, klik pada Set Preferred Network Type kemudian pilih LTE Only.

Sebenarnya aplikasi ini lebih ke memudahkan kita untuk masuk ke pengaturan jaringan tanpa harus menginput kode seperti diatas, jadi pastinya lebih mudah.

Baca juga10 Pengunci Aplikasi Android Terbaik Yang Paling Aman

Yang perlu kita perhatikan adalah, cara di atas hanya berlaku untuk SIM 1. Pastikan kartu SIM yang digunakan ada di SIM 1. Kelemahan lainnya dari trik ini adalah apabila smartphone mati ataupun direstart, maka setelan akan berubah kembali menjadi seperti semula. Kita harus melakukan setelan ulang, baik secara manual ataupun melalui aplikasi. Selain itu, ada kemungkinan tidak semua merk ponsel Android dapat menjalankan fitur ini.

Artikel : Aplikasi Pengunci Jaringan 4G Android di Smartphone + Manual - Ditulis oleh Admin | 4.5